Maret 05, 2009

My Bad Habbit is Insomnia


Susah tidur, itu masalah gue dari dulu.. apalagi semenjak kepergian mama. kesusahan tidur gue malah tambah parah. Memang c sebelumnya gue merasa yah mungkin ini juga salah satu effect dari rasa kehilangan gue. Tapi lama kelamaan gue merasa ga nyaman dengan semua ini. Karena susah tidur yang gue alami bukan hanya sehari, 2 hari bahkan seminggu.. Sudah hampir 2 tahun berlalu. gue sering bertanya pada diri gue sendiri. Apa yang salah dari diri gue, apa kondisi psikologi gue ada yang ga beres? Apa masalah yang mungkin sebetulnya ada tapi gue menganggapnya ga ada sehingga dia menghambat kerja mata gue untuk menutup dan membuka secara biasa atau normal. Dulu gue sempet minum obat tidur yang namanya CTM. pil kuning yang kecil tapi mujarab buat gue, pertama 1 tablet gue minum tapi lama2 jadi 2 tablet karena mungkin udah kebiasaan. emang c gue langsung tidur. tapi yang gue rasain apa yang terjadi dengan mata gue dipagi hari. itu kaya mata yang harus disuruh tidur terus menerus. susah banget buat bangun. yah bisa dibilang tidur paksa. tapi untungnya keluarga gue ada yang tau jadinya ketergantungan gue yah berkuranglah karena larangan. Lagian juga gue tau itu ga baik buat kesehatan gue. walaupun ketergantungan itu udah berkurang susah tidur terus berlangsung. tapi susah tidurnya kenapa malem aza.. kadang gue bisa ga tidur ampe pagi.. tapi dampaknya ...jantung gue berdegup kenceng banget.. kepala gue berat..kaki gue lemes dan kl emang terpaksa gue harus tidur untuk sekitar waktu sejam atau dua jam saat bangun..bukan fresh yang gue dapet tapi malah lemessssssssss..puasa aza kalah.

Oh iya pernah c gue tidur jam 11 malem.. eh bukannya tidur sampai pagi malah jadi bangun jam 1 abis itu ga bisa tidur lagi deh. Sebenarnya apa yang gue alamin ini insomnia bukan ya?? Cape deh...


Insomnia apa c?
Insomnia adalah suatu kondisi di mana kamu memiliki masalah saat terbangun atau terlelap. Beberapa orang dengan insomnia dapat tidur dengan mudah tetapi bangun terlalu cepat. Orang lain mungkin memiliki masalah yang berlawanan, atau mereka ada masalah baik dengan saat bangun dan tertidur pulas. Hasil akhir adalah miskin-kualitas tidur yang tidak membuat anda merasa segar ketika anda bangun.

Wah berarti gue fakir banget dong dengan kualitas tidur. Pengen gitu gue tidur nyenyak dan nyaman. Kapan Ya?? terus ngindarinnya gimana..soalnya sekarang gue hampir back to basic lagi.. minum lelap yang ga ada pengaruhnya sama sekali. padahal udah minum 2 masa harus sekali tenggak 4 tablet kan ga mungkin.

Gue pernah denger dari sebagian orang cara menghindari insomnia :
1. Jangan nunda2 tidur kl lo memang udah ngantuk, karena saat lo menahan ngantuk yang berlebihan rasa kantuk itu bisa aza menghilang.

2. Buat kamar lo senyaman mungkin, pokoknya yang membuatlo merasa benar2 enak dan comfortable banget


3. Membuat jadwal tidur yang normal sehingga menjadi kebiasaan misalnya lo tidur jam 10..yah besoknya tidur
jam 10 lagi..jangan malah mundur karena pengen nonton sesuatu.

4. Buat kamarlo itu hanya untuk tidur, kl bisa jangan yang lain2 dan sebisa mungkin jangan ada tv deh dikamar
karena TV itu bikin mata kita bukannya jadi ngantuk malah jadi pengen nonton. (padahal dikamar gue ada TV)

5. Bagi yang bukan penakut mending lampunya dimatiin aza karena cahaya lampu saat tidur itu berpengaruh
banget.

6. Hindarin tidur siang, waduh padahal mata gue crowdednya waktu siang menjelang.


7. Olah raga dan makan yang teratur itu perlu.


Itu doang c yang gue tau tapi kl masih ada yang kelewat kasih tau gue yah, masalahnya belum berhasil juga menghilang kan BAD HABBIT gue... Ada yang punya sarankah...?


1 komentar:

  1. Kl menurut aku selesain masalah2 kamu yang mungkin mengganggu pikiran kamu, sehingga kl masalah udah selesai kamu bisa lega dan tidur kamu ga akan terganggu.

    BalasHapus